Mereka bilang, saya monyet !
Teori
Umberto Eco
Ranah-ranah
penelitian:
- Ranah Budaya
- Semiótica Binatang ( zoosemiotics ) memberikan gambaran batas semiótica yang lebih rendah. Berhubungan dengan perilaku nonhuman (bukan manusia).
Memperlihatkan pola-pola cultural dan social.
(sobeok, 1967, 1968, 1969, 1972)
“ tokoh : utama :
monyet !
laki-laki berkepala gajah berekor kalajengking
Perempuan berkepala ular
Laki-laki berkepala harimau,
berkepala serigala, berkepala babi, berkepala kuda
Perempuan berkepala anjing.
b. Tanda-Tanda Bauan ( olfactory signs)
Jika ada bau yang
bernilai konotatif dalam arti emotif, maka ada juga bau dengan nilai acuan yang
pasti = indeks (pierce, 1931, 1958)
” saya sudah
terbiasa menelan rongsokan (hal 4)
tanpa dikunyah terlebih dulu”
”sepasang
laki-laki dan perempuan keluar dari dalam kamar mandi. Yang laki-laki dengan
lantang memaki ”Dasar Binatang! Dasar
monyet! (hal3)
Hanya si kepala
anjing yang bisa menjawab ”bagaimana kamu mau disebut manusia? Wujudmu bolah
manusia, tapi kelakuanmu benar-benar
monyet!!”
- Komunikasi Rabaan (tactile communication)
Komunikasi antar
orang buta dan dalam perilaku proksemik (Hall,1966) psikologi
”kaki saya sudah mengantarkan saya kekamar
mandi..........maka saya menunggu sambil berdiri didepan cermin besar (hal 3)
Laki-laki buaya
berkepala kalajengking menyerigai sambil mengedipkan
mata ke arah saya (hal 4)
Sikepala gajah menghentak-hentakkan belalainya kepipi
saya dengan keras
Sikepala buaya
menyeruak masuk dan memberondong saya dengan ciuman. Saya cekik
lehernya dan saya sandarkan dia
kedinding
- kode-kode cecapan (code of taste) antropologi budaya
- Paralinguistik
mengkaji
tanda-tanda suprasegmental dan varian bebas yang membenarkan komunikasi
linguistik dan yang semakin tampak dilembagakan dan disistematiskan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar